Membeli produk perawatan untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah memang cukup menguras keuangan. Apalagi kalau kamu masih awam tentang dunia per-skincare-an, serta belum mengetahui produk apa yang bagus dan cocok untuk kulit kamu.

Atur Budget Skincare Agar Hemat & Efektif

Kamu mungkin akan mengira semakin mahal harga sebuah produk perawatan kulit, semakin bagus pula kualitasnya. Padahal, itu belum tentu benar lho! Nah agar kamu tetap bisa merawat kulitmu dengan baik, cobalah beberapa tips cara mengatur budget skincare berikut ini, sebelum kamu memilih dan membeli produk skincare yang akan digunakan nanti. Let’s check this out guys!

1. Riset sebelum membeli

unsplash.com/@joaosilas

Kamu harus pahami apa masalah kulitmu sebenarnya dan produk skincare apa yang kamu perlukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pembelian skincare. Selain bisa menyelamatkan pengeluaran yang berlebih akibat salah beli skincare, kamu juga bisa menyelamatkan wajahmu dari kerusakan.

2. Beli produk share in jar

Setelah melakukan riset dan yakin dengan produk yang dianggap cocok, jangan langsung full size dulu. Apalagi jika harganya yang memang cukup mahal. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli produk share in jar. Dengan demikian kamu tetap bisa merawat kulit menggunakan produk yang bagus tapi dengan harga yang tetap aman di kantong.

3. Beli produk full size jika cocok

unsplash.com/@charissek

Jika produk share in jar yang kamu coba ternyata cocok, artinya kamu harus membeli skincare yang full size. Kamu tidak perlu lagi membeli dalam kemasan share in jar. Meskipun harag full size terlihat jauh lebih mahal awalnya, tapi sebenarnya ini jauh lebih murah dibanding kemasan share in jar dan kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Kamu tetap bisa berhemat untuk kedepannya.

4. Tentukan badget untuk skincare

Seperti keperluan pribadi lainnya, kamu perlu banget membuat budgeting untuk skincare. Hal ini bisa mengerem kamu untuk membeli produk secara berlebihan dan tidak akan mudah tergoda dengan promo-promo yang kadang justru membuat kamu kalap. FWI, produk yang kamu pakai biasanya akan berefek sekitar dua Minggu setelah penggunaan. Jadi, jangan cepat-cepat Menganti skincare yang sudah kamu coba ya.

5. Hindari membeli beauty gadget dan alat kecantikan

unsplash.com/@kxvn_lx

Akhir-akhir ini banyak banget inovasi teknologi kecantikan bermunculan di pasaran. Contohnya seperti alat pijat wajah, spin spa cleansing facial atau dermaroller. Untuk berhemat, kamu tidak perlu alat pijat wajah. Kamu bisa menggunakan jari-jari tangan untuk memijat wajah dan melancarkan peredaran darah. Saat menggunakan spin spa cleansing facial, kamu telah menggunakan facial foam lebih banyak dibanding menggunakan tangan sendiri. Jadi malah boros dua kali lipat lho.

6. Gunakan kapas tipis

Menggunakan kapas yang tipis bisa menghemat penggunaan skincaremu, contohnya toner. Daya serap kapas yang tipis tidak sebesar kapas biasa, jadi skincare kamu tidak akan terbuang sia-sia.

7. Utamakan skincare yang wajib

unsplash.com/@glenncarstenspeters

Jika kamu belum secara rutin menggunakan moisturizer, tetapi kamu sudah siap-siap beli serum lebih baik tahan dulu. Serum adalah step skincare tambahan yang biasanya memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan moisturizer. Kalau yang mudah dan murah saja kamu masih belum bisa konsisten, uang kamu akan terbuang sia-sia saja untuk membeli serum.

8. Perhatikan ingredient produk

Satu hal yang paling penting yang perlu kamu perhatikan adalah bahan-bahan dari produk skincare yang akan kamu kenakan. Jadi, jangan termakan iklan saja ya. Trik mudah untuk mengetahui ingredient itu penting atau tidak adalah dengan memperhatikan urutan ingredient sebuah produk. Semakin di awal urutannya, semakin besar kandungan bahan tersebut dalam suatu produk tersebut.

9. Gunakan produk skincare yang multifungsi

unsplash.com/@vyanaturals

Pilihlah moisturizer yang sudah mengandung SPF. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membeli sunscreen. Kamu juga bisa memilih cleanser yang bisa menyeimbangkan pH kulit sekaligus menjadi ekspoliater. Jadi, kamu semakin bisa berhemat deh.

10. Buat DIY sheet mask

Kamu tentu sudah tahu bahwa harga sheet mask memang lumayan berat di kantong untuk ukuran sekali pakai. Tapi tenang saja guys, kalian bisa kok membuat sheet mask sendiri. Cukup sediakan comprases sheet mask atau yang biasa disebut candy mask. Candy mask tersebut bisa kamu tambahkan dengan serum atau esense yang sudah kamu punya. Bisa juga gunakan air perasan timun atau bengkuang sebelum dipakai. Setelah ditetesi serum, candy mask akan mengembang sendiri dan siap diaplikasikan sebagai sheet mask.

Itulah skincare hack yang dapat membuatmu tetap bisa merawat kulit tanpa bikin kantong jebol. Selamat mencoba, semoga informasinya bermanfaat ya..

Untuk tips lainnya, baca juga: 10 Produk Anti-Aging Terbaik Untuk Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment