Kalian percaya gak sih guys, kalau di dunia ini ada tujuh milyar pola sidik jari manusia dan semua itu berbeda-beda. Lalu kenapa bisa semuanya berbeda ya? Rahasia keunikan sidik jari ini ternyata tersimpan jauh sejak kita berada di dalam kandungan ibu kita. Dibawah ini ada beberapa fakta unik seputar sidik jari lho guys. Lets check this out!

1. Terbentuk dan dipengaruhi dari pergerakan janin di dalam rahim

unsplash.com/@ashtonmullins

Dikutip dari channel youtube kokbisa.com, jadi saat kita masih menjadi janin, sebuah lapisan tebal spesial mulai terbentuk pada kulit ujung jari-jari kita. Lapisan tersebutlah yang natinya membantuk pola-pola unik sidik jari kita. Seunik apa bentuknya bakal ditentukan oleh banyaknya faktor, mulai dari kondisi kondisi rahim ibu sampai pergerakan janinnya. Oleh karena itu sidik jari sidik jari anak kembar pun pasti beda, karena pasti pergerakan mereka di dalam janin akan berbeda.

2. Dipakai sebagai cara untuk identifikasi

unsplash.com/@edonugroho

Sidik jari sudah dipakai sebagai alat identifikasi sejak jaman kuno jauh sebelum adanya aplikasi finger print di smartphone ya guys. Saking uniknya, sidik jari juga banyak dipakai untuk meramal nasib orang. Sedangkan, buat kamu yang suka cerita detektif atau polisi-polisian, kalian harus berterima kasih pada polisi Prancis yang bernama Alphonse Bertillion, karena jasanya sidik jari mulai dimanfaatkan secara ilmiah sebagai identifikasi dibidang forensik, manfaat utamanya antara lain mengenali korban musibah, atau pelaku kejahatan. Itulah mengapa pengambilan disik jari menjadi agenda wajib setiap kita membuat dokumen penting seperti ijazah, pasport dan SIM. Sehingga, jika ada orang yang berbuat jahat akan lebih mudah untuk menangkapnya.

3. Umumnya terdapat dalam tiga bentuk

unsplash.com/@markusspiske

Saat kita amati secara lebih detail, pola-pola sidik jari sebetulnya terdapat dalam tiga bentuk. Yaitu whorl, arch, dan loop. Namun, apapun bentuk dan polanya, sidik jari tetap memiliki manfaat serupa. Kulit ujung jari kita adalah salah satu bagian tubuh paling sensitif karena jadi tempat kumpulnya syaraf-syaraf peraba. Keunikan ini sangat membatu bagi orang-orang yang tidak bisa melihat, tekstur sidik jari juga memberi gaya gesek yang memudahkan kita saat membuang sesatu tertutama saat licin. Meski ada beberapa kasus dimana seseorang tidak memiliki sidik jari atau adermatoglyphia, tetapi kondisi ini sangat langka.

Itulah tiga fakta seputar sidik jari, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuanmu ya.

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment