Membaca buku tidak hanya sekedar membaca lho, tetapi kita juga harus bisa benar-benar meresapinya. Kalau kamu saat ini sedang bingung mencari bahan bacaan yang bisa menginspirasi, berikut ini ada beberapa buku yang bisa mempengaruhi hidup kamu karena berisi banyak motivasi dan inspirasi.

1. Respect Yourself, Patricia R. Spadaro

cover respect yourself

Buku ini bercerita tentang kedasyatan dalam memberi dan menerima dan berisi banyak prespektif tentang kehidupan. Buku ini juga memadukan banyak sekali kebijaksanaan dari tradisi dunia serta kisah-kisah nyata. Semua yang tersaji dalam buku ini akan membuatmu memiliki suatu pandangan yang lebih positif sehingga tahu bagaimana caranya untuk menyelaraskan kebutuhanmu dengan orang lain.

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan untuk diterima, bahagia dan diakui. Tetapi, tidak semua orang bisa memberikan semua itu. Pada dasarnya kebahagiaan dan kesuksesanmu tidak tergantung dari sikap orang lain. Tekanan wajar muncul dalam kehidupan dan tidak bisa dihindari, tetapi kamu harus tetap respect atau menghargai diri sendiri. Lebih menyayangi diri sendiri dan mendengarkan suara hati. Intinya adalah, sebelum kamu respect kepada orang lain, kamu harus respect terhadap diri sendiri.

2. Designing Your Life, Bill Burnet dan Dave Evans

cover designing your life

Ketika hidupmu memiliki banyak pertanyaan dan kamu membutuhkan jawabannya, maka buku ini akan menjadi tools yang membuatmu lebih cerdas dalam men-design ulang hidupmu. Bahkan, meskipun usia kamu sudah memasuki 30 atau 40 tahun lebih, kamu tetap bisa meriset kembali apa yang kamu ingin susun dalam hidup.

Terkadang, ada pertanyaan yang selalu muncul dalam fase kehidupan seperti apa yang kamu inginkan, apa yang membuatmu bisa bahagia dan kapan kamu akan terus tumbuh. Buku ini sangat jujur mengatakan bahwa setiap orang memiliki disfungsional believe. Pikiran-pikiran negatif yang membuat mereka tidak melakukan apa-apa dalam hidup. Di dalam buku ini kamu akan diminta untuk reframing pikiran-pikiran negatif tersebut. Jadi tidak ada kata terlambat jika kamu menyukai apa yang kamu lakukan. Semua itu bisa dimulai dari dimana kamu berada saat ini. Mengajarkan tentang rasa syukur tanpa disadari.

3. Grit, Angela Durkworth

cover grit

Buku ini menjelaskan bagaimana setiap orang memiliki satu daya juang dan ketertarikan terhadap yang disukainya. Buku ini cocok kamu baca ketika kamu membutuhkan emosional reflecktion dan meragukan kekuatanmu sendiri.

4. The Subtle Art of Not Giving A Fck, Mark Mannsion

cover the subtle art of not giving a fck

Kepekaan dan empati yang terlalu berlebihan terkadang bisa membuatmu menjadi “tidak enakkan”. Kamu harus menghentikan pikiran-pikiran untuk membahagiakan semua orang. Kamu tidak perlu memasukkan semua input yang masuk ke dalam dirimu. Kamu perlu memiliki sikap bodo amat, tetapi bukan berarti jadi cuek dan apatis melainkan kamu perlu memiliki prioritas dalam hidupmu sendiri. Mana yang perlu kamu masukkan di dalam memori, pikiran, hati atau perasaanmu dan mana yang tidak perlu.

5. Less Stress Lifestyle, Carl Vernon

cover less stress lifestyle

Buku ini adalah tentang bagaimana caranya untuk bisa memanage stres. Stres merupakan suatu hal yang wajar dan tidak bisa dihindari tetapi bisa manage dengan baik. Dituliskan oleh Carl Vernon bagaimana kamu bisa me rediscover atau mencari kembali kebahagiaanmu dengan mengubah satu mindset dan lifestyle yang positif untuk membuatmu tidak terlalu stres dan lebih santai dalam hidup.

6. The Positif Parenting, Rebecca Eanes

cover positive parenting

Buku ini mengajarkan bagaimana kamu menjadi orang tua. Meskipun tidak dituliskan secara manual, tetapi buku ini secara jujur bisa mengajarkanmu bagaimana untuk menjadi orang tua yang lebih sabar dan positif. Buku ini juga menggambarkan bagaimana kehadiran keluarga itu sangat penting. Bukan hanya sekedar kuantitas waktu tetapi bagaimana koneksi antara anggota keluarga. Positif parenting ini merupakan salah satu cara untuk mengubah kebiasaan kecil dari konvensional disiplin atau pola asuh konvensional yang diktator yang tidak cocok diterapkan untuk anak-anak yang lahir di tahun 2000 ke atas.

Itulah beberapa rekomendasi bacaan bagi kamu yang sedang bingung mencari buku yang asyik untuk dibaca.

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment