Sudah berapa banyak barang yang kita tendang dan lempar akibat gejolak amarah kita? Lalu kenapa kita suka merusak barang ketika marah ya? Ternyata ada beberapa alasan membuat kita melakukan hal tersebut ketika marah lho guys! Berikut penjelasannya.

1. Penyaluran amarah

unsplash.com/@siavashghanbari

Kita marah karena kita frustasi, kecewa terhadap keadaan yang ada. Kalau dibiarkan terus kita akan stres maka kita mengeluarkannya dari diri kita dengan cara membanting barang sebagai bentuk ekspresi amarah kita. Menyalurkan amarah sebenarnya juga bisa diekspresikan dalam cara yang positif dan produktif. Contohnya membuat puisi atau menyanyikan lagu yang bisa mewakili perasaan kita.

2. Ilusi kontrol

unsplash.com/@amaury_guti

Salah satu faktor kita marah adalah karena kita merasa tidak punya kontrol akan keadaan yang terjadi. Melalui tindakan agresif seperti membanting barang dapat memberikan kita ilusi bahwa kita memegang kontrol terhadap keadaan.

3. Memuaskan emosional

unsplash.com/@kalvisuals

Tentu saja membating barang dapat memuaskan kita secara emosional, seperti di dalam hati kita berkata “puas!” dibandingkan dengan kita hanya duduk diam saja menahan amarah dengan menggerutu.

Meski membanting, melempar atau menendang barang ketika marah memiliki alasan yang yang kuat tetapi hal tersebut dapat merugikan jika dilakukan secara terus-menerus dalam jangka panjang dan juga bisa jadi berbahaya. Banyangkan jika kita awalnya kita hanya melempar remote tv kemudian diganti menjadi pisau dapur yang dapat melukai orang lain hal tersebut dapat membuat kita masuk berita kriminal di tv nasional.

Jadi, coba pahami diri kita ketika sedang marah dan coba sebisa mungkin untuk tenang ya guys, kalau masih tidak bisa ditahan, ganti barang-barang yang biasa dilempar dengan body pack tinju hehe..

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment