Jatuh cinta dan memiliki hubungan yang sehat ternyata dapat mengurangi tingkat kecemasan (https://aspe.hhs.gov/system/files/pdf/75106/report.pdf). Saat kamu merasakan hal tersebut, kamu akan terlihat lebih baik dan jarang merasa stres di tempat kerja. Sentuhan fisik terhadap pasangan seperti pelukan dan ciuman juga bisa menghasilkan sensasi ketenangan, keamanan, dan kepuasan. Semua itu bisa kamu dapatkan ketika kamu sudah menemukan cinta sejati. Berikut ini 12 hal yang bisa terjadi padamu ketika kamu jatuh cinta dan bertemu belahan jiwa.

1. Kamu Tidak Hanya Bisa Berbagi Momen Baik, Tetapi Juga Momen Yang Buruk

unsplash.com/@shelbymary_

Cinta romantis memang bisa bertahan lama. Tetapi, yang utama adalah tindakan masing-masing dalam sebuah hubungan. Cinta adalah kata kerja, bukan kata benda. Jika kamu pulang ke rumah dengan lelah setelah bekerja dan melihat pasanganmu menunggu malam yang menyenangkan, alih-alih membantu, justru ada keterputusan di antara kalian berdua. Namun, itu tidak berarti kalian harus segera putus, diperlukan penjelasan yang bagus. Jika pasanganmu hanya melihat kamu sebagai objek untuk bersenang-senang setiap saat, itu dapat merusakmu secara psikologis. Kamu harus aktif selaras dengan kebutuhan pasangan.

2. Cinta Sejati Adalah Suatu Tindakan

unsplash.com/@freestocks

Cinta sejati juga akan melalui fase buruk. Adalah hal yang umum untuk merasa kesepian dalam sebuah hubungan. Itu terjadi ketika kalian telah kehilangan hubungan emosional. Jika kalian berdua saling mencintai, cobalah atasi untuk menghindari kesalah pahaman. Misalnya, dalam hubungan jangka panjang, beberapa pasangan berusaha mengunjungi seorang psikolog atau mencoba berbicara lebih banyak satu sama lain untuk menyelesaikan masalah kesepian. Seharusnya bersama pasangan kamu bisa bekerja melalui apa pun untuk mencapai masa depan yang kalian impikan secara alami.

3. Kalian Tahu Batasan Masing-Masing dan Tetap Menjaganya

unsplash.com/@alexiby

Hubungan yang sehat dan cinta selalu memiliki batasan. Ini seperti perjanjian tertentu di antara kalian berdua di mana tidak ada yang mencoba menjadi “diktator.” Jika komunikasi kalian hanya didasarkan pada kesenangan, cepat atau lambat akan ada masalah. Dalam hubungan yang sehat, kalian perlu saling berbicara dan tidak perlu takut mengatakan sesuatu ketika merasa seseorang melangkahi batasannya. Memilih untuk berdiskusi, daripada bertengkar, menunjukkan bahwa kalian berdua saling menghormati satu sama lain.

4. Kalian Berbagi Konsep Umum Tentang Apa Itu Cinta Sejati

unsplash.com/@michaelfenton

Kalian saling mendukung dan menghabiskan waktu berkualitas bersama, saling memaafkan dan menghargai satu sama lain. Setiap pasangan memiliki minat dan konsep yang berbeda: beberapa mungkin lebih suka bepergian, sementara pasangan lain lebih suka tinggal di rumah. Konsep cinta dapat berubah pada pasangan. Selama tahun pertama, kadar serotonin kembali normal, dan aspek “obsesif” menjadi lebih moderat. Jadi cinta menjadi lebih tenang dan lebih dewasa.

5. Cinta Berarti Tujuan dan Keinginan Bersama 

unsplash.com/@evertonvila

Harmoni adalah hal yang sangat sulit untuk dibangun dan itu dapat dicapai dengan tujuan yang sama. Tetapi ada beberapa poin yang tidak boleh dilupakan. Pertama, pastikan bahwa kalian spesifik dan realistis dalam apa yang kalian inginkan. Kedua jangan lupa untuk merayakan kesuksesan kalian bersama.

6. Kalian Bisa Berbagi Tanggung Jawab

unsplash.com/@kellysikkema

Merasa bahwa pasangan  menghindari tanggung jawab bisa sangat traumatis dan tidak sehat untuk sebuah hubungan. Cinta sejati tidak berusaha membuat kamu merasa lebih buruk, tetapi justru membuatmu lebih kuat dan merasa terlindungi. Pembicaraan yang baik dapat memecahkan beberapa masalah. Namun tetap saja, alasan mengapa orang takut untuk mengobrol tentang tanggung jawab dapat bervariasi seperti karena rasa malu, takut, hingga depresi.

Lebih baik untuk menyatukan diri dan mulai membahas kewajiban dan hak satu sama lain. Ketika kedua orang berbagi tanggung jawab, tidak ada ketidakseimbangan dan tidak ada yang merasa beban lebih berat. Bahkan jika perjanjian tidak muncul di awal, penting untuk mengerjakannya. Tidak ada aturan umum dan masing-masing pasangan memiliki caranya sendiri dalam melakukan sesuatu.

7. Tidak Ada Yang Berusaha Mengubah Siapapun dan Menerima Ketidaksempurnaan Masing-Masing

unsplash.com/@simonlerouge

Jika kamu adalah orang yang kreatif dan tiba-tiba pasanganmu memaksa untuk mengganti pekerjaan yang kamu sukai karena uang, itu bisa menyakitkan. Alih-alih mencoba mengubah pasangan, memotivasi mereka untuk tumbuh adalah strategi yang lebih positif. Mendukung dan menerima siapa pasangan kalian sebagai pribadinya sendiri dapat membawa hubungan ke tingkat yang lebih baik.

Jika kamu melihat orang yang kamu cintai bingung, sedih atau marah, ingatlah bahwa mereka berhak atas perasaan mereka. Kalian bukan robot dan memiliki pengalaman emosional selayaknya manusia. Bahkan, tidak apa-apa dan normal saja untuk bangun di pagi hari dengan rambut yang berantakan.

8. Tidak Ada Tempat Bagi Kalian Untuk Bermain-Main 

unsplash.com/@kylejglenn

Memainkan perasaan bisa menghabiskan banyak energi dan tidak ada jaminan bahwa orang yang kamu sukai akan merespons dengan reaksi yang kamu inginkan. Membuat seseorang merasa bersalah untuk mendapatkan sesuatu, selalu membanding-bandingkan dan memanipulasi bukanlah solusi. Kamu tentu bisa membuat seseorang cemburu, tetapi ingatan mereka akan hal ini tidak akan pernah terhapus.

9. Selalu Ada Waktu Untuk Kerja Tim Saat Kalian Sedang Jatuh Cinta

unsplash.com/@priscilladupreez

Pasanganmu bersama teman-temannya dan kamu memiliki kegiatan lain. Dia menonton film di kamar tidur dan kamu melukis di ruang tamu. Harus ada ruang untuk beristirahat satu sama lain dan hobi yang terpisah, tetapi juga ada beberapa kerja tim. Berbagi minat sangat penting untuk hubungan yang sukses. Berbagi adalah peduli, dan kepedulian adalah tanda cinta sejati. Misalnya, ketika kalian pergi ke kota lain menggunakan mobil pribadi. Cobalah untuk saling mendukung selama perjalanan itu dengan salah seorang yang mengemudi, dan yang lain bisa menjadi navigator.

10. Kamu Merasakan Kemudahan dan Rentan Terhadap Orang Yang Mencintaimu 

unsplash.com/@_jorgesvd

Dunia mendorong orang-orang mengabaikan fakta bahwa tidak apa-apa untuk menjadi sensitif. Setiap orang tentu ditugaskan untuk membuat sebuah keputusan baik di tempat kerja ataupun saat bersama teman-teman. Tetapi, bersama orang yang benar-benar mencintaimu, hal itu dapat diatasi dengan mudah. Selain itu, kamu bisa menjadi lemah atau rentan terhadap pasanganmu dalam konteks yang positif. Terlihat lemah terkadang bisa membuat seseorang jauh lebih menarik.

11. Kamu Menjadi Orang Yang Lebih Baik Ketika Sedang Jatuh Cinta 

unsplash.com/@clemono2

Kamu dan pasanganmu menjadi orang yang lebih baik bukan karena seseorang memaksa kalian, tetapi karena itu terjadi secara alami. Ini bisa menjadi gaya hidup baru yang lebih sehat, perubahan kebiasaan, atau peningkatan hidup lainnya. Kehidupan yang lebih baik bisa menjadi pertanda cinta sejati.

12. Kalian Mulai Mencoba Hal-Hal Baru

unsplash.com/@alexb

Kamu mungkin benci menari tap, tetapi kadang-kadang kamu bisa melakukannya dengan orang yang kamu cintai hanya untuk membuatnya bahagia. Tiba-tiba pasanganmu mungkin ingin mencoba masakan baru denganmu untuk berbagi getaran yang baik dan pengalaman baru. Begitulah kalian bisa saling berkembang dan mempelajari hal baru.

tulah beberapa hal tentang cinta sejati yang perlu kamu ketahui. Jadi sudahkah kamu menemukan cinta sejatimu?

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment