Apa kamu merasa sudah berolahraga secara maksimal dan mati-matian tapi hasil yang didapat masih jauh dari yang diinginkan? Hal itu bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor atau kebiasaan yang salah dan sering kamu lakukan selama workout loh guys. Nah berikut ini ada beberapa kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat workout yang harus kamu hindari. Apa saja itu? Check this out guys!

1. Tidak Melakukan Pemanasan

unsplash.com/@alexanderredl

Sebelum melakukan workout sangat penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot di badan terasa lentur sehingga tubuh siap untuk melakukan latihan yang lebih berat lagi. Selain itu, dengan melakukan pemanasan resiko kamu mengalami cedera akan jadi lebih rendah.

2. Kurang Istirahat

unsplash.com/@claudiamanas

Otot mengalami perubahan bukan saat kamu sedang workout, melainkan saat kamu sedang beristirahat. Ototmu bisa jadi lebih kuat kalau kamu istirahat dengan cukup. Ketika kamu workout otot akan bekerja dan merobek muscle tissues. Nah saat kamu istirahat, robekan-robekan itu akan sembuh dan membuat lapisan baru yang lebih kuat. Oleh karena itu, jika kamu terus-menerus merobek tanpa memberi waktu bagi otot menjadi lebih kuat, workout mu akan jadi sia-sia.

3. Melampaui Batas Kemampuan

unsplash.com/@victorfreitas

Kondisi tubuh yang terlalu lelah, justru menghambat pembentukan otot dan pembakaran lemak lho. Misalnya jika saat mengangkat beban kamu hanya mampu 10 kg tetapi kamu paksakan menjadi 30 kg. Hal itu akan sangat berbahaya karena bisa membuat kamu cedera dan sakit.

4. Tidak Konsisten

unsplash.com/@maiq

Tidak melakukan workout secara konsisten bisa menjadi kesalahan yang paling umum. Step atau lamanya waktu workout yang tidak pernah konsisten justru akan membuat hasil workout mu selama ini menjadi sia-sia. Jadi, mulai sekarang buatlah jadwal untuk waktu workout kamu ya guys.

5. Jadwal Workout yang Berantakan

unsplash.com/@kellysikkema

Tidak memiliki jadwal atau waktu khusus kapan harus workout bisa menjadi kesalahan yang fatal lho guys. Kamu jadi tidak teratur menjalankan waktu workout dan bisa-bisa kalori di badan kamu malah jadi menumpuk.

6. Salah Dalam Melakukan Teknik Dasar

https://unsplash.com/@katetrysh

Teknik dasar dalam workout memang mudah, tapi jika kamu salah sedikit saja akan berpengaruh bagi tubuhmu dan justru mengakibatkan cedera. Contohnya saat kamu melakukan squat, tidak sedikit orang yang posisi jongkoknya masih salah dan belum tepat. Padahal hal itu cukup mudah, kamu hanya perlu jongkok 90° dengan posisi punggung rata menghadap ke depan dan posisi kaki yang tepat.

7. Kurang Minum Air Putih

unsplash.com/@andersonrian_

Air putih dapat membantumu untuk membakar kalori saat sedang workout. Selain itu, air putih dapat membantu kamu untuk tetap konsentrasi dan fokus selama kamu melakukan workout lho. Jadi perbanyaklah minum air putih disela-sela kamu workout ya.

8. Tidak Mengontrol Konsumsi Makanan

unsplash.com/@the5th

Makan memang merupakan kegiatan yang dilakukan diluar workout, tapi makan secara berlebihan setelah workout dapat membuat workout yang telah kamu lakukan tidak ada gunanya. Jadinya percuma deh guys sudah capek-capek melakukan workout.

9. Terlalu Lama Istirahat Saat Workout

Terlalu lama melakukan istirahat saat workout, dapat membuatmu jadi tidak fokus. Kamu harus membuat limit waktu istirahat per step dalam workout. Rest time di setiap workout itu juga berbeda-beda. Ada yang butuh waktu cepat, namun ada juga yang membutuhkan sedikit lebih lama waktu untuk beristirahat. Jadi, sesuaikan waktu istirahat dengan jenis workout kamu ya guys. Selain itu, kamu jangan sampai kehilangan fokus. Banyak sekali orang yang saat sedang nge-gym kemudian beristirahat dan bermain handphone. Alhasil malah jadi kelamaan dan lupa dengan workout nya deh.

10. Workout di Otot yang Sama Berkali-Kali

Melakukan workout berkali-kali pada otot yang sama justru akan memperlambat progres selama kamu latihan. Misalnya jika kamu melakukan angkat beban, lalu kamu fokus melakukan latihan tersebut terus-menerus setiap hari walaupun ototmu terasa nyeri atau pegal. Hal ini terjadi karena latihan fisik berlebihan dapat memicu kerusakan serat-serat otot karena dipaksa bekerja keras setiap hari.

Itu tadi beberapa kesalahan yang bisa terjadi saat kamu melakukan workout. Semoga setelah membaca informasi ini workout mu jadi tidak sia-sia ya guys.

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment