Bulan suci Ramadhan udah dateng lagi nih! Yeeeaay!!!! Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan merupakan masa saat umat Islam berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Makanan disajikan sebelum matahari terbit, disebut Sahur, dan setelah matahari terbenam, disebut Iftar.

Berpuasa membantu kaum Muslim belajar kesederhanaan, kesabaran, dan kerohanian. Berpuasa dapat meningkatkan kesehatan seseorang, tetapi hanya jika dilakukan dengan cara yang benar, jika tidak maka akan lebih berbahaya daripada kebaikan. Puasa, khususnya, selama bulan Ramadhan memiliki risiko dehidrasi yang tinggi karena makanan dan minuman terbatas sebelum matahari terbit dan sesudah matahari terbenam. Semua ini dapat diatasi dengan hanya menyiapkan dan memakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan dimasak secara sehat. Juga, jangan lupa, dengan situasi Covid-19 saat ini, sekarang lebih penting daripada sebelumnya, untuk menjaga diri kita tetap sehat, terhidrasi, dan bergizi!

Berikut ini 5 tips Ramadhan yang bisa dicoba untuk mengatasi beberapa perubahan gaya hidup agar tetap sehat di bulan puasa ini.

1. Jangan Lewatkan Makan Sahur

unsplash.com/@timmossholder

Pertama dan terpenting, jangan sampai kita melewatkan makan sahur. Selain Sunnah, makan saat sahur bisa membantu tubuh menyiapkan cadangan energi. Makanan yang dikonsumsi saat sahur pun harus sehat agar energi yang disediakan cukup untuk bertahan selama jam-jam puasa yang panjang. Ingatlah untuk memasukkan banyak buah-buahan dan sayuran segar, daging, dan produk susu agar kita bisa kuat menahan lapar sepanjang hari puasa.

2. Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

unsplash.com/@stayandroam

Iftar adalah waktu ketika kita mengisi kembali tingkat energi setelah seharian berpuasa. Jangan tergoda untuk mengisi perut kita dengan berbagai suguhan makanan yang digoreng karena itu hanyalah kalori kosong. Sebagai gantinya, pilihlah hidangan Iftar sehat dan buatan sendiri yang bisa kita nikmati bersama keluarga tetapi jangan sampai berlebihan.

Inilah sebabnya, secara tradisional, kurma dimakan pada awal buka puasa. Kurma tidak hanya sumber energi yang luar biasa tetapi juga kaya akan kalium yang membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, karbohidrat, serta daging.

3. Minumlah Air Sebanyak Mungkin

unsplash.com/@johnnymcclung

Karena kita tidak bisa minum air selama disiang hari saat berpuasa, cobalah untuk minum sebanyak mungkin air di waktu sahur dan ketika berbuka puasa. Untuk mengurangi risiko dehidrasi, usahakan minum setidaknya 8 gelas air antara Iftar dan sahur. Jangan mengkonsumsi minuman berkafein karena hal itu bisa meningkatkan dehidrasi. Kita juga bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi seperti semangka dan timun.

4. Hindari Makanan Asin dan Tinggi Gula

unsplash.com/@miksbaum

Iftar, biasanya, adalah waktu ketika keluarga dan teman berkumpul untuk pesta berbuka puasa. Camilan manis yang disuguhkan tentu sulit untuk ditolak, terutama pada saat-saat berpuasa. Namun, makan makanan yang mengandung gula tinggi segera setelah berbuka puasa akan menyebabkan perut kembung dan pencernaan terhambat. Selain itu, makanan pedas dan asin akan membuat kita haus keesokan harinya. Karena itu kita harus bisa mengontrol porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi.

5. Jaga Pola Makan Tetap Sehat dan Seimbang

unsplash.com/@ellaolsson

Diet makan seimbang adalah kunci untuk kesehatan yang baik. Pastikan asupan makanan kita selama Ramadhan sederhana dan tidak menyimpang terlalu banyak dari diet normal biasanya. Hindari makanan olahan sebanyak mungkin. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan seperti barley, gandum, oat, millet, semolina, kacang, lentil, dan beras basmati yang merupakan karbohidrat kompleks dan membantu melepaskan energi secara perlahan selama berjam-jam puasa. Juga makanan kaya serat seperti sereal, gandum utuh, biji-bijian, kentang dengan kulitnya, sayuran seperti kacang hijau, dan hampir semua buah-buahan, termasuk aprikot, plum dan buah ara untuk dicerna perlahan dan membantu kita merasa kenyang untuk durasi waktu yang lebih lama.

Itulah beberapa tips nutrisi selama berpuasa. Semoga informasinya bermanfaat ya..

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment