Memiliki seorang anak merupakan anugerah dari Tuhan yang tentunya patut untuk disyukuri. Meski demikian, menjadi orang tua bukan merupakan hal yang mudah. Apalagi jika kamu merupakan orang tua muda yang baru saja memiliki seorang bayi. Tentunya banyak hal yang harus kamu pelajari dan lakukan agar bisa merawat bayimu dengan baik sehingga dia dapat tumbuh sehat serta berkembang dengan baik. Berikut ini ada sejumlah hal yang akan bermanfaat bagi kamu para orang tua untuk mendukung pertumbuhan dan sistem kesehatan bayimu. 

1. Pijat Refleksi Untuk Menghilangkan Stres

unsplash.com/@punkhoa

Merupakan tindakan naluriah bagi beberapa ibu untuk menggosok tangan atau kaki anak-anaknya ketika mereka terlihat gelisah. Yang tidak begitu umum diketahui adalah bahwa bayi juga merespons secara refleksologi (https://naturaltransition.com/therapies-for-infants/reflexology/). Oleh karena itu, pijatan lembut di kaki mereka dapat membantunya rileks dan tertidur lebih mudah.  Hal ini bisa dilakukan sebagai rutinitas sehari-hari. Lakukan pemanasan dengan menggosok kaki bayi secara lembut. Mulailah memijat area tersebut dengan lancar dan lihat bagaimana respons si bayi.

2. Menyentuh dan Membelai Baik Untuk Kesehatan Mental

unsplash.com/@bonniekdesign

Sebagai orang tua, secara naluriah kamu tentu ingin membelai anakmu. Hal tersebut merupakan tindakan yang bagus, karena anak-anak yang lebih tersentuh dan diasuh oleh orang tua mereka saat bayi, memiliki kesehatan mental yang lebih baik setelah dewasa, sebab mereka mengembangkan koneksi saraf yang lebih kuat (https://source.wustl.edu/2012/01/moms-love-good-for-childs-brain/). Mereka memiliki hippocampus yang hampir 10% lebih besar dari efek kuat pengasuhan, sebagaimana dikatakan oleh Joan L. Luby, MD, Profesor Psikiatri Anak.

3. Pijatan Untuk Relaksasi dan Kesehatan Yang Lebih Baik

unsplash.com/@bellefoto

Memijat bayi membuat mereka merasa aman, meredakan kembung, kram, kolik, dan sembelit yang dialami bayi serta menurunkan tingkat stres mereka. Memberikan pijatan harian kepada bayi prematur juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang mereka.

Mulailah secara perlahan dan lembut untuk menggosok tubuh bayi dari ujung ke ujung. Kamu bisa menempatkan bayimu di perut mereka dan mengulangi hal yang sama pada punggungnya. Bicaralah dengan bayimu dan jaga kontak mata dengan mereka. Itu akan membantunya rileks serta merasa aman.


Kamu bisa mengulanginya beberapa kali dalam sehari selama bayimu menikmatinya disertai dengan penggunaan minyak esensial atau baby oil. Tetapi, pastikan untuk mengoleskannya sedikit pada kulit bayimu terlebih dahulu untuk menguji reaksi alergi atau sensitivitas.

4. Tummy Time Untuk Otot Yang Lebih Kuat

unsplash.com/@henleydesign

Tummy time bukan hanya momen menyenangkan bagi orangtua dan bayi. Ini harus menjadi latihan rutin karena bisa membantu bayi membangun otot yang lebih kuat (https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/keeping-kids-active/). Cara merangkak dan duduk akan jauh lebih mudah bagi bayi seiring bertambahnya usia.
Sebagai permulaan, pertahankan bayimu di dada untuk waktu yang singkat, bahkan setelah lahir. Secara progresif ini akan memperpanjang waktu mereka berbaring di atas perutnya. Pastikan kamu sepenuhnya waspada sepanjang waktu. Setelah beberapa saat, bayi akan siap untuk melakukan hal yang sama di lantai. Gunakan handuk atau selembar kapas yang dilipat di bawah ketiak bayi agar mereka dapat mengangkat kepala karena sulit bagi bayi untuk melakukannya sendiri.

5. Suara Getaran Mesin Cuci Dapat Menenangkan Bayi

unsplash.com/@lubomirkin

Getaran menjadi salah satu cara terbaik untuk menenangkan bayi yang menangis (https://www.fisher-price.com/en_US/parenting-articles/sleeping-and-soothing/from-washing-machines-to-baby-swings-how-to-soothe-a-fussy-infant). Perangkat white noise memiliki efek yang sama persis dan membantu bayi tertidur lebih lama (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1792397/). Pengering atau mesin cuci telah menjadi penyelamat bagi para orang tua baru. Suara statis mirip dengan suara-suara tubuh yang didengar bayi di dalam rahim.

Aturlah bayimu duduk dengan nyaman di dalam kursinya dan pastikan kamu memegang kursi untuk mencegahnya jatuh. Nyalakan mesin dan biarkan getaran alat tersebut perlahan menenangkan bayimu.

6. Berkendara Membantu Bayi Untuk Tidur

unsplash.com/@yirage

Gerak mobil berfungsi sebagai lagu pengantar tidur untuk bayi karena meniru gerakan yang dirasakan bayi di dalam rahim. Ini membuat mereka merasa aman dan damai seperti saat mereka berada dalam perut ibunya. Tracy Cassels, seorang psikolog perkembangan, mengatakan bahwa “[Mesin mobil] adalah white noise yang biasa digunakan bayi. Ini adalah jenis suara teredam di dalam rahim. ” (https://www.fatherly.com/health-science/why-driving-car-baby-sleep-womb/).

7. Campuran Soda Kue Untuk Atasi Gigitan Nyamuk dan Serangga

unsplash.com/@obed_esquivel

Pasta alami yang terbuat dari campuran soda kue dan air dapat mengurangi rasa sakit serta gatal (https://www.thebump.com/a/insect-bite-baby). Soda alkali menetralkan dan memudahkan pembengkakan asam. Jika bayi kamu digigit nyamuk atau serangga kamu bisa menggunakan pasta ini untuk mengatasinya. Cukup campurkan satu sendok makan soda kue ke dalam air dan buat pasta kental yang bisa dioleskan dengan mudah pada kulit. Oleskan pasta dengan lembut pada gigitan dan biarkan ia bekerja. Lalu, bersihkan dengan kapas yang hangat.

8. Tangisan Bayi Tidak Selalu Berarti Ia Lapar

unsplash.com/@daen_2chinda

Kebanyakan orang tua cenderung merespons setiap tangisan dengan menyusui. Jika setiap kali bayi menangis selalu disusui itu justru akan memberikan masalah serius, yang dapat menyebabkan bayi kelebihan berat badan (https://www.health.harvard.edu/blog/6-ways-to-help-keep-your-baby-at-a-healthy-weight-2017041111575). Tangisan bayi tidak selalu berarti ia lapar, tapi juga bisa jadi ia kelelahan, bosan atau merasa tidak nyaman. 

Awalnya mungkin bayi akan memuntahkan makant saat tidak lapar tapi diberikan makanan, namun setelah beberapa saat mereka akan mulai menganggap makanan sebagai apa yang mereka butuhkan. Jadi, dibanding menyusui, cobalah untuk mengajaknya berbicara atau bermain. Tenangkan mereka agar kembali rileks atau coba cek apakah popoknya harus segera diganti.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan lakukan sebagai orang tua baru. Apakah kamu punya kiat khusus lain yang bisa membantu para orang tua baru dengan bayinya? Bagikan saran kamu di kolom komentar ya..

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment