Mumpung belum lima menit kan? Apa kamu pernah nekat makan makanan yang jatuh pake aturan belum lima menit ? Menariknya ternyata bukan cuma orang Indonesia yang aturan seperti ini lho, ternyata orang-orang barat juga punya anggapan yang sejenis. Bedanya, kalau kita percaya aturan lima menit mereka percaya aturan lima detik.

Tapi mau lima menit atau pun lima detik, aman gak yah makan makanan yang udah jatuh? Berikut penjelasannya nih guys!

1. Makanan yang jatuh akan langsung terkena kuman

unsplash.com/@cdc

Menurut penelitian profesor Paul Dawson, makanan yang jatuh ternyata akan langsung terkena kuman seketika itu juga, meski begitu, peneliti lain yang bernama Anthony Hilton membuktikan bahwa jumlah kuman yang menempel pada makanan jatuh baru akan bertambah setelah lima detik, misalnya ada seratus kuman yang awalnya menempel asal belum lima detik jumlah tersebut tidak akan berubah. Tapi kalau tidak segera diambil, jumlah kuman bisa bertambah sepuluh kali lipat setiap menitnya. Kira-kira bisa jadi bertambah berapa juta kuman ya setelah lima menit?

2. Jumlah kuman yang menempel dipengaruhi dua faktor

unsplash.com/@supersonnytje

Ada faktor yang menentukan berapa jumlah kuman yang menempel pada makanan jatuh. Faktor yang pertama adalah kelembapan makanannnya. Makin basah makanannya makin banyak kuman yang akan menempel. Faktor kedua adalah permukaan dimana makanan kita jatuh. Misalnya, permukaan karpet yang ternyata mengoper kuman yang lebih sedikit dari permukaan lantai, tapi kembali lagi pada seberapa joroknya karpet atau lantai kita.

3. Makanan yang jatuh di tempat bersih belum tentu terbebas dari kuman

unsplash.com/@stayandroam

Kuman atau bakteri sebetulnya ada dimana-mana, di air, tanah, maupun udara. Setiap kita menyentuh satu tombol dilayar smartphone setidakya ada enam ribu bakteri yang menempel di jari kita. Bahkan jumlah bakteri yang ada dalam tubuh kita ternyata lebih banyak dari jumlah total penduduk Indonesia loh.

4. Tidak semua kuman dan bakteri berbahaya

unsplash.com/@mikael_seegen

Untungnya, tidak semua kuman bersifat patogen alias berbahaya bagi tubuh kita lho. Ada juga bakteri yang baik bagi tubuh kita. Sistem tubuh kita juga memiliki sistem kekebalan tubuh alami, asal badan kita fit, antibodi selalu siap melawan ancaman bakteri patogen dengan berbagai cara selama dua puluh empat jam sehari seumur hidup kita. jadi, jorok-jorok dikit ga papa kali yah, hihi..

So guys itulah beberapa fakta seputar makanan yang jatuh sebelum lima menit. Jadi, bagaimana? Apakah kamu tetap akan menganut aturan belum lima menit? Semoga informasinya bermanfaat ya.

Author

Menulis untuk belajar.

Write A Comment